Friday, September 16, 2016

Peneliti dari UCI (University of California Irvine) Berhasil Menemukan Baterai Yang Tahan Hingga 400Tahun



Hai Sob apa kabar kalian? semoga baik" aja ya :D

Oh iya Sesuai judul postingan diaatas sob University of California, peneliti Irvine telah menemukan bahan baterai berbasis nanowire yang dapat diisi ulang ratusan ribu kali, baterai yang tidak akan pernah memerlukan penggantian. Penemuan ini akan membuat masadepan peralatan elektronik mampu bertahan lamanya sob,


Kok bisa ya sob?

hihihii, begini, Para ilmuwan pembuat baterai selama ini telah lama berusaha untuk menggunakan kawat nano dalam baterai. kawat tersebut dibuat ribuan kali lebih tipis dari rambut manusia, mereka sangat konduktif dan memiliki area permukaan besar untuk penyimpanan dan transfer elektron. Namun, filamen ini sangat rapuh dan tidak tahan lama untuk pemakaian ulang dan pengisian. Semakin lama pemakaian baterai tersebut maka semakin rapuh dan semakin cepat habis.

Para ilmuan dari UCI telah memecahkan masalah ini dengan melapisi sebuah nanowire emas di maganese dioxides dan membungkus perakitan di elektrolit yang terbuat dari gel seperti kaca, dan ternyata kombinasi ini dapat diandalkan dan tahan terhadap kegagalan.

Pemimpin studi, UCI yaitu doktor Mya Le Thai, mengungkapkan mereka telah melakukan  pengujian hingga 200.000 kali selama tiga bulan tanpa mendeteksi hilangnya kapasitas atau daya dan tanpa patah nanowires apapun. 

lapisan gel tersebut membuat nanowire lebih fleksibel dan tidak mudah rusak, sehingga membuat baterai dapat bertahan jauh lebih lama. dan dapat bertahan hingga ribuan kali pengisian.

Bayangkan aja sob kalo seandainya baterai smartphone kalian bisa tahan lama jadi enggak perlu ganti" baterai dong? yups tapi kemungkinan pemuan ini belum akan digunakan secara massal dan belum tentu manufacture akan menggungakannya bisa rugi ya sob hihihih, tapi kita tunggu aja kepastiannya sob, pasti bakalan asik kalo bisa tahan kayak gitu hehehe :D

Terimakasih Telah Berkunjung ya sob, Mampir lagi lain kali :)

Sumber : UCI

Artikel Terkait

Peneliti dari UCI (University of California Irvine) Berhasil Menemukan Baterai Yang Tahan Hingga 400Tahun
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email